Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Inilah Museum Sumatera Utara: Museum Terbesar dan Terkomplit di Sumatera Utara

Special Wisata Kota Medan. Medan merupakan salah satu kota yang menyajikan berbagai macam destinasi wisata. Di ibu kota Sumatera Utara ini, Anda dapat menikmati objek wisata tema alam, tema keluarga hingga bertema sejarah. Jika bicara tentang tempat wisata bertema sejarah yang paling terkenal di Medan, Museum Sumatera Utara adalah tempatnya. Museum ini merupakan museum terbesar dan terkomplit di Sumatera Utara. Di sini banyak sekali nilai-nilai sejarah, budaya dan juga pendidikan yang dapat dipetik. Itulah mengapa Museum Sumatera Utara ini wajib masuk dalam daftar wisata Anda di kota bolu meranti ini.


Museum Sumatera Utara terdiri dari dua lantai yang memiliki bentuk bangunan berwujud seperti rumah tradisional Sumatera Utara. Di lantai pertama terdapat koleksi pakaian adat dari berbagai macam suku yang menghuni wilayah Sumatera Utara, seperti Batak, Melayu, Mandailing, Pakpak, Chiness, Karo dan lain sebagainya.

Medan merupakan kota yang unik. Di kota inilah hidup berdampingan berbagai suku dan juga agama atau kepercayaan. Uniknya lagi, Anda bisa melihat koleksi benda-benda peninggalan sejarah dan budaya dari berbagai macam suku dan agama, seperti Islam, Kristen, Hindu, Budha di Museum Sumatera Utara.


Tidak hanya peninggalan-peninggalan pada masa sejarah saja, di Museum Sumatera Utara juga terdapat ruangan yang memamerkan berbagai koleksi pada zaman pra sejarah, seperti replica fosil manusia purba, diorama kehidupan prasejarah, hingga situs Percandian Padang Lawas. Anda pun bisa menelisik kehidupan pra sejarah dari peninggalan megalit, seperti peti mati dari batu atau disebut juga dengan sarkofagus, wadah obat dari gading, koleksi naskah Batak kuno yang tulisannya dibuat di atas kulit kayu, dan masih banyak lagi.

Inilah Museum Sumatera Utara: Museum Terbesar dan Terkomplit di Sumatera Utara
Inilah Museum Sumatera Utara: Museum Terbesar dan Terkomplit di Sumatera Utara

Harga Tiket Masuk Museum Sumatera Utara

Untuk bisa masuk sekaligus menikmati segala fasilitas yang disuguhkan oleh Museum Sumatera Utara, Anda hanya perlu menebus tiket masuk objek wisata sejarah dan budaya Medan tersebut senilai Rp. 3.000. Harga tiket masuk objek wisata yang termasuk murah meriah, bukan? Harga tiket murah bukan berarti murahan, karena di sini Anda bisa mempelajari kehidupan nenek moyang bangsa Indonesia, terutama yang berasal dari Sumatera Utara lengkap.

Lokasi Museum Sumatera Utara

Museum Sumatera Utara terletak di Jalan H.M Joni No. 51, Medan. Apabila Anda berniat untuk berkunjung ke sini, datanglah pada saat hari dan jam berikut ini;
  • Selasa hingga Kamis: 08.30 hingga 17.00 WIB
  • Jum’at hingga Minggu: 08.30 hingga 17.00 WIB
  • Senin dan Hari Besar Museum Sumatera Utara tutup

Rute Lokasi Museum Sumatera Utara

Museum Sumatera Utara termasuk salah satu tempat wisata terpopuler di Medan yang dapat diakses sangat mudah. Letak objek wisata sejarah dan budaya ini tidak jauh dari Bandara Polonia. Jika start Anda adalah Bandara Polonia, maka Anda hanya membutuhkan jarak tempuh sekitar 3 Km saja. Apabila start Anda adalah dari Pelabuhan Laut Belawan, Museum Sumatera Utara ini akan lebih mudah dijangkau, yaitu sekitar 2.5 Km saja.

Demikianlah informasi lengkap mengenai Museum Sumatera Utara. Sebagai museum terbesar di Sumatera Utara, layak jika museum ini masuk ke dalam daftar destinasi wisata Anda ke Medan. Di sini Anda bisa dengan leluasa menikmati sekaligus mempelajari kehidupan masyarakat suku-suku Sumatera Utara dari pra sejarah hingga sejarah.

Post a Comment for "Inilah Museum Sumatera Utara: Museum Terbesar dan Terkomplit di Sumatera Utara"