Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Wisata Edukasi ke Kebun Binatang Ragunan Jakarta

Special Wisata Kota Jakarta. Liburan merupakan hari yang sangat ditunggu dan dinantikan oleh banyak orang, khususnya bagi mereka yang setiap harinya disibukkan dengan banyak aktivitas, sehingga tidak pernah bisa untuk mendapatkan kesempatan liburan. Banyak orang yang bingung memutuskan akan ke mana liburan nanti. Bagi anda yang masih bingung menentukan ke mana akan menghabiskan waktu liburan, berikut ini akan ada informasi penting untuk anda.


Di Indoneisa sendiri telah banyak memiliki tempat wisata di setiap daerahnya, jadi anda tinggal memilih tempat wisata mana yang akan dikunjungi. Namun kebanyakan orang berfikir bahwa liburan harus menyiapkan uang yang banyak. Persepsi seperti itu erupakan persepsi yang salah. Karena, saat ini sudah banyak tempat wisata yang biaya tiketnya murah. Khususnya bagi anda warga Jakarta, anda tak perlu bingung ke mana liburan nanti, karena di Jakarta sendiri sudah banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi ketika liburan. Salah satu tempat wisata murah di Jakarta yang bisa dikunjungi adalah Kebun Binatang Ragunan.

Wisata Edukasi ke Kebun Binatang Ragunan Jakarta
Wisata Edukasi ke Kebun Binatang Ragunan Jakarta

Wisata Murah di Kebun Binatang Ragunan Jakarta

Bagi anda yang hanya memiliki budget minim dan tak ingin jauh-jauh memilih tempat wisata, Kebun Binatang Ragunan bisa menjadi solusinya. Anda yang berkunjung ke sana hanya akan dibebankan biaya masuk sebesar Rp 4.000 untuk orang dewas, dan Rp 3.000 untuk anak-anak. Dengan harga yang murah ini anda dan keluarga bisa menikmati wisata dengan melihat hewan-hewan yang mulai langka dan dilindungi. Apalagi bagi anda yang memiliki anak balita, pastinya wisata ini sangat cocok untuk keluarga anda karena anda dapat memperkenalkan berbagai hewan yang ada pada si kecil. Di Kebun Binatang Ragunan Jakarta itu sendiri memiliki banyak koleksi hewan di dalamnya. Kebun binatang Ragunan sendiri dibangun pada 22 Juni tahun 1966 silam dan diresmikan langsung oleh Ali Sadikin yang menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada saat itu. Selain melihat-lihat satwa yang ada, ada beberapa aktivitas yang dapat pengunjung lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut:

Baca juga: 5 Tempat Wisata Populer di Jakarta untuk Liburan Keluarga

1. Naik kereta kelinci

Aktivitas pertama yang dapat pengunjung lakukan ketika berada di Kebun Binatang Ragunan Jakarta adalah dengan naik kereta kelinci yang disediakan. Kereta ini dimaksudkan bagi para pengunjung yang nantinya kelelahan mengitari luasnya kebun binatang Ragunan. Memang di Kebun Binatang ragunan tempat satwa satu dan satwa lainnya memiliki jarak yang jauh, sehingga para pengunjung harus bersiap-siap merasa kelelahan dalam perjalanan. Namun dengan adanya kereta ini, maka rasa lelah berjalan akan hilang. Untuk bisa naik kereta kelinci yang disediakan dan berkeliling kebun binatang, para pengunjung cukup membayar sebesar Rp 5.000 saja.

2. Bersepeda

Aktivitas yang kedua adalah bersepeda mengitari kebun binatang Ragunan. Bagi pengunjung yang membawa sepeda sendiri, maka akan dibebankan biaya Rp1.000 saja, sedangkan bagi para pengunjung yang tidak membawa sepeda, maka pihak Ragunan telah menyediakan penyewaan sepedah. Ada 2 pilihan ketika pengunjung menyewa sepeda, yang pertama adalah untuk sepeda biasa dihargai dengan Rp10.000 perjam, sedangkan untuk sepeda tendem pengunjung harus membayar sebesar Rp15.000 perjam. Namun bagi para pengunjung yang datang pada hari Jumat, maka belum bisa menyewa sepeda, karena pada saat hari jumat, penyewaan sepeda sedang libur.

3. Piknik

Aktivitas ketiga yang bisa dilakukan di Kebun Binatang Ragunan adalah piknik. Pengunjung dapat menggelar tikar di area hijau. Dengan begitu maka pengunjung dapat menikmati kesegaran udara yang ada di Kebun Binatang Ragunan. Pengunjung juga diperbolehkan untuk membawa makanan dari rumah, namun bagi pengunjung yang tidak membawa makanan bisa membeli makanan di area kebun binatang dengan harga yang terjangkau.

Wisata Edukasi ke Kebun Binatang Ragunan Jakarta
Wisata Edukasi ke Kebun Binatang Ragunan Jakarta

Lokasi kebun Binatang Ragunan Jakarta

Kebun Binatang Ragunan Jakarta sendiri berlokasi di Jl. Harsono no 1, Pasar Minggu, DKI Jakarta. Akses untuk menuju lokasi Kebun Binatang Ragunan sangatlah mudah, anda dan keluarga bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum yang ada. Kebun Binatang Ragunan sendiri buka dari pukul 07.00-16.00. Wisata yang satu ini sangat direkomendasikan bagi anda dan keluarga yang ingin menghabisakan waktu liburan bersama dan dengan biaya liburan yang murah.