Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Gunung Rinjani, Wisata Alam Seru dan Menantang Paling Indah di Lombok

Special Wisata Pulau Lombok. Siapa pun pasti setuju jika Gunung Rinjani adalah wisata alam paling seru dan paling indah di Lombok. Panorama keindahannya bahkan telah terdengar sampai ke kancah internasional sejak lama. Gunung yang masuk dalam daftar kedua dari urutan gunung tertinggi di Indonesia ini memang tidak bisa diragukan lagi.


Di sepanjang perjalanan menuju puncak, Anda akan disuguhi dengan pemandangan alam yang sanggup mengundang decak kagum lukisan Tuhan. Tidak hanya itu, di kawasan Gunung Rinjani pun terdapat beberapa tempat menarik yang sayang jika dilewatkan begitu saja, seperti sabana, anak gunung dan sumber air panas. Salah satu wisata yang paling popular dan juga terkenal mendunia di Gunung Rinjani, Lombok adalah Danau Segara Anakan.

Banyak wisatawan yang pernah datang ke sini mengatakan bahwa keindahan yang disuguhkan oleh Gunung Rinjani tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Baik di kala bagi, siang, sore, bahkan malam, pesona wisata gunung paling fenomenal di Lombok ini selalu terlihat mempesona. Mungkin hanya satu yang sedikit bisa dikatakan, yaitu buktikan sendiri ke sini!

Untuk bisa sampai ke puncak Gunung Rinjani, ada beberapa pilihan jalur yang bisa Anda pilih, yaitu Timba Nuh, Torean, Sembalun dan Senaru. Diantara keempat pilihan tersebut, jalur Sembalun merupakan jalur paling popular, karena aksesnya paling mudah.

Gunung Rinjani, Wisata Alam Seru dan Menantang Paling Indah di Lombok
Wisata Alam Seru dan Menantang Paling Indah di Lombok

Tiket Masuk Gunung Rinjani

Selain keindahan alamnya yang luar biasa megah di segala suasana, satu lagi keunggulan Gunung Rinjani, yaitu harga tiket yang dikenakan cukup terjangkau. Wisatawan hanya perlu merogoh kocek Rp 2.500 per orang untuk sekali naik. Sementara untuk turis mancanegara Rp 20.000. Murah sekali, bukan? 

Rute Menuju Gunung Rinjani

Sebagai tempat wisata paling terkenal mendunia di Lombok, Gunung Rinjani memiliki opsi pilihan transportasi darat dan udara yang bisa Anda pilih. Sementara untuk akses dari Lombok menuju Basecamp Sembalun Rinjani terdapat dua opsi, yaitu;

1. Rute menuju Gunung Rinjani dari Pelabuhan Lembar Lombok

  • Dari Pelabuhan Lembar Lombok menuju Terminal Mandalika Mataram membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 2.5 jam perjalanan.
  • Dari Terminal Mandalika Mataram, kemudian menuju Pasar Aikmel yang membutuhkan waktu 1 jam perjalanan. Di Pasar Aikmel tersedia mobil engkel atau mobil yang masih satu jenis dengan Elf. 
  • Dari Pasar Aikmel perjalanan dilanjutkan ke Basecamp Sembalun Rinjani. Perjalanan ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Untuk bisa sampai ke Basecamp Sembalun, Anda bisa naik mobil bak sayur terbuka. Sebelumnya lakukan tawar menawar untuk mendapatkan kesepakatan harga yang pas. 

2. Rute menuju Gunung Rinjani dari Bandara Internasional Lombok

Dari Bandara Internasional Lombok, perjalanan dilanjutkan menuju Terminal Mandalika Mataram. Perjalanan ini bisa dilanjutkan dengan memilih dua opsi, yaitu;
  • Menggunakan carteran kendaraan, seperti taksi dan mobil pribadi sewaan
  • Menggunakan kendaraan umum, seperti bus bandara atau Damri
Gunung Rinjani merupakan wisata alam paling tersohor dan seru di Lombok. Saking terkenalnya, gunung yang memiliki ketinggian 3. 726 Mdpl ini hingga ke mancanegara, banyak turis yang menyebut Gunung Rinjani sebagai ikon Lombok. Buat Anda yang ngebet ingin segera ke sana, satu hal yang wajib ada dalam tas ransel Anda, yaitu air putih. Kenapa? Karena tidak semua pos pendakian ke Gunung Rinjani tersedia mata air. Jadi, kapan Anda menjelajah ria ke sini?

Post a Comment for "Gunung Rinjani, Wisata Alam Seru dan Menantang Paling Indah di Lombok"