Explore Wisata Indonesia dan Mancanegara

Monday, January 29, 2018

Masjid Raya Medan: Wisata Religi dan Sejarah di Kota Medan

Special Wisata Kota Medan. Masjid Raya Medan merupakan salah satu yang paling ikonik di Kota Medan. Oleh sebab itu, maka wajar saja jika masjid yang bernama lengkap Masjid Raya Al Mashun ini wajib masuk ke dalam daftar wisata Anda ke kota Medan. Selain cocok sebagai destinasi wisata religi, masjid yang terletak persis di jantung kota Medan ini juga menyimpan fakta sejarah yang patut diketahui. 


Usia Masjid Raya Medan telah mencapai 110 tahun. Meskipun demikian, masjid ini masih kokoh berdiri dengan segala daya tarik dan keistimewaannya. Dari kejauhan saja, masjid ini mampu menampilkan keunikan tersendiri, yaitu atas berkat arsitekturnya yang mengadopsi desain kombinasi antara Asia, Timur Tengah dan juga Eropa.

Menurut sejarah, masjid ini didirikan oleh Makmun Al Rasyid perkasa Alam yang merupakan seorang raja pertama dari Kesultanan Deli pada tahun 1906. Sejak berdiri, bangunan masjid ini tidak pernah sepi pengunjung, baik yang bertujuan melakukan ibadah atau wisatawan yang sekadar ingin menyaksikan keunikan dan kemegahan masjid bersejarah di kota Medan ini. 

Masjid Raya Medan: Wisata Religi dan Sejarah di Kota Medan
Wisata Religi dan Sejarah di Kota Medan

Masjid Raya Medan ini termasuk sangat unik, megah dan perkasa. Selain karena mengadopsi dari ketiga gaya bangunan dari wilayah benua yang berbeda, keaslian bangunan masjid ini pun masih terjaga keasliannya. Di sini, tepatnya di sisi timur bagian luar, Anda masih bisa menemukan tempat wudhu dengan bangunan tua yang meskipun telah tua, namun masih terawat. Sementara pada sisi barat, Anda akan menemukan kawasan makam para raja dan juga sultan Deli. 

Keaslian Masjid Raya Medan ini tidak hanya apa yang berada di luar saja, tapi di dalam juga. Saat langkah kaki Anda memasuki bagian dalam masjid ini, Anda akan disuguhi dengan pemandangan bangunan yang sarat dengan ornament indah dan desain masjid yang unik. Keaslian dari apa yang terdapat di dalam masjid ini masih sangat terjaga, dari mulai lampu gantung, mimbar imam, hingga mimbar bilal.

Baca juga: Inilah 5 Daftar Wisata di Medan Paling Menarik dan Sayang Anda Lewatkan

Tidak hanya itu, di Masjid Raya Medan ini Anda juga bisa menyaksikan sebuah Al-Qur’an raksasa yang tersimpan rapi di dalam kotak kaca. Uniknya dari Al-Qur’an ini ditulis manual dengan menggunakan tangan. Meskipun kondisinya sudah usang, namun kitab suci ini masih menjadi salah satu yang paling menjadi daya tarik dari masjid paling bersejarah di Medan ini.

Alamat Lengkap Masjid Raya Medan

Masjid Raya Medan atau Masjid Al Mashun ini terletak di jantung kota Medan, Sumatera Utara, tepatnya di Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Medan Meimoon atau Medan Kota. Letak masjid ini tidak jauh dari Istana Deli.

Bisa dikatakan bahwa Masjid Raya Medan atau Masjid Al Mashun ini merupakan sebuah bukti eksistensi suku Melayu di Medan. Arsitekturnya yang unik nan cantik membuat masjid ini memiliki daya tarik tersendiri. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak orang yang berbondong-bondong ke sini yang tidak hanya untuk beribadah, tetapi juga untuk menyaksikan kemegahan dari masjid yang dibangun pada abad ke-20 ini. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Masjid Raya Medan: Wisata Religi dan Sejarah di Kota Medan

0 komentar:

Post a Comment