Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Bakso Lombok Uleg Kuliner Khas Temanggung

Bakso Lombok Uleg Kuliner Khas Temanggung. Berkunjung ke Temanggung tak kan terasa ada yang terlewatkan bila anda tak mencoba makannan yang satu ini. Makanan Khas Kota Temanggung. Ya, bakso. Siapa yang belum pernah makan bakso? Makanan yang bahan dasarnya dari daging ini tersebar hampir di seluruh penjuru Indonesia. Mungkin orang di Indonesia semua telah mengenal dengan bakso. Makanan yang kas dengan citarasa penggugah selera. Namun jangan salah dengan Temanggung. Bakso di Temanggung berbeda dengan bakso yang ada di kota-kota lain. Apa yang mendedakan? Mari kita simak yang satu ini.

Bakso ini berbeda dengan bakso-bakso yang lain, bakso khas Temanggung ini dikenal dengan nama bakso lombok uleg khas Temanggung. Bakso dengan sensasi pedas, sensasi pedasnya bukan dari kecap atau saos, melainkan dari sambal cabe rawit yang langsung diuleg (dihaluskan) dalam mangkuknya. Oleh karena itu bakso lebih dikenal dengan bakso lombok uleg. Berbeda dengan yang lain tanggapan dari penjual baksonya bila ada yang memesan. Mungkin anda sering ditanya bila saat memesan bakso. Campur baksonya apa kosongan? Tak perlu anda heran bila anda memesan bakso Lombok uleg kas Temanggung dan ditanya mau pedasnya banget atau sedang? Inilah yang membuat bakso lombok uleg khas baik dari cara pembuatannya maupun rasanya.

Bakso Lombok Uleg Kuliner Khas Temanggung
Bakso Lombok Uleg Kuliner Khas Temanggung
Cara penyajiannya bakso lombok uleg berbeda dengan yang lainnya. Bakso lombok uleg memakai kupat dan tahu sebagai pasangan baksonya. Mantap dan dijamin dapat menjawab peut yang laper. Kan banyak yang berkata belum makan nasi belum kenyang. He.he. Di Temanggung kini telah banyak warung-warung yang menjual bakso lombok uleg. Salah satu yang terkenal adalah warung bakso lombog uleg “Pak Di” yang terletak di Jl. Jend. Sudirman Temanggung (depan BRI). Cabangnya sudah tersebar dimana-mana salah satunya berada di Jl. Kaliurang KM. 6, Sleman- Yogyakarta. Bakso uleg khas Temanggung kini telah menyebar di berbagai kota-kota besar Indonesia seperti Yogyakarta, Bandung, dan Kota-kota besar lainnya.

Bakso Lombok uleg khas Temanggung berdirinya sejak tahun 1950-an. Orang yang pertama menggagas ide cermerlang ini merupakan (Alm) Ali Prawiro namun namanya pun belum kita kenal seperti saat ini. Ali Prawiro adalah anak dari keluarga seorang petani yang memiliki pemikiran dalam usaha serta tekun dalam mengembangkan usahanya. Sebelumnya, Ali Prawiro bekerja sebagai seorang tengkulak padi. Usaha ini kemudian mengalami penurunan dan kemudian mencoba mencari pekerjaan lain dan dipilihlah untuk berjualan bakso. Ali Prawiro waktu itu belajar membuat bakaso kepada seorang  keturunan Tionghwoa. Setelah dirasa bisa, kemudian Ali Prawiro membuat menu sendiri baksonya. Ali Prawiro dalam menyajikan bakso memang tidak memakai mie namun di ganti dengan ketupat. Sambalnya pun dibuat dengan “menguleg” cabai rawit langsung di atas mangkok. Itulah sedikit cerita sejarah awal berdirinya bakso lombok uleg yang informasinya saya ambil dari blok bakso lombok uleg milik Pak Di.

Menu di warung bakso lombog uleg yang dapat anda jumpai diantanya:
Bakso komplit : Bakso dengan sajian lengkap berisi kupat, tahu,dan bakso. 
Bakso tahu : Bakso dengan sajian tahu, dan  bakso. 
Bakso kupat : Bakso dengan sajian kupat, dan bakso. 
Bakso kuah : Bakso dengansajian bakso saja (kosongan).
Bakso Lombok Uleg Kuliner Pak Di Temanggung
Bakso Lombok Uleg Kuliner Pak Di Temanggung
Soal harganya andapun tak perlu takut kemahalan, harga bakso lombog uleg kahas Temanggung kisarannya pun rata-rata dengan bakso-bakso pada umumnya. Sangat disayangkan bila anda melewatkan makanan khas yang satu ini. Dijamin andapun akan ketagihan dan serasa akan mencipi terus karena sensasi pedas yang alamiah dari Lombok yang mantap dan segar. Tentunya berbeda dengan bakso pada umumnya. Selamat mencoba bakso lombok uleg khas Temanggung.

Post a Comment for "Bakso Lombok Uleg Kuliner Khas Temanggung"