Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Candi Gedong Songo: Tempat Wisata Budaya, Sejarah. dan Alam Recommended di Semarang

Special Wisata Kota Semarang. Semarang menyimpan banyak tempat wisata menarik dan layak dikunjungi, dari mulai wisata sejarah hingga wisata alam. Jika Anda suka berwisata sejarah sekaligus wisata alam, ada satu tempat wisata paling recommended di Semarang. Candi Gedong Songo namanya. Seperti namanya, Candi Gedong Songo berari candi yang memiliki jumlah Sembilan. Yang unik, candi-candi di sini terletak di dataran tinggi (ketinggian 1.200 mdpl). Tentu ini menjadi nilai plus dari objek wisata sejarah dan budaya tersebut.

Meskipun namanya Candi Gedong Songo, namun kelima candi tersebut tersebar ke dalam lima kompleks candi. Masing-masing kompleks candi tersebut berjarak lumayan jauh. Jadi, untuk bisa menjelajah ke semua candi, Anda perlu berjalan-jalan. Tidak masalah rasanya berjalan-jalan ke salah satu kawasan wisata unggulan Semarang ini, karena lokasinya yang indah dan asri di atas ketinggian. Kalaupun Anda tidak ingin bercapek-capek ria, Anda bisa menyewa jasa kuda tunggangan di sini. Dengan merogoh kocek Rp 80.000, Anda sudah bisa menjelajah ke Candi Gedong Songo dengan berkuda. Rasanya seperti benar-benar di bawa ke Indonesia zaman dahulu!

Fasilitas Wisata Candi Gedong Songo Semarang

Salah satu daya tarik Candi Gedong Songo, Semarang adalah fasilitasnya yang mumpuni. Selain tersedianya jasa kuda tunggangan, kawasan wisata ini juga menyediakan beragam fasilitas yang akan membantu Anda mendapatkan pengalaman wisata seru di sini.

Meskipun jarak antara kompleks candi satu dan yang lainnya lumayan jauh, di sepanjang perjalanan, Anda dapat mampir sejenak sekaligus menikmati aneka makanan yang disuguhkan di sana, seperti aneka minuman dan makanan ringan. Harganya pun terjangkau. Salah satu makanan favorit pengunjung adalah jagung rebus. Menikmati jagung rebus di suasana dingin seperti di Candi Gedong Songo memang nikmat luar biasa. 

Selain warung-warung, di sepanjang perjalanan menuju kompleks Candi Gedong Songo juga terdapat toilet. Hawa dingin nan sejuk di atas ketinggian tidak menjadi masalah berkat toilet yang tersedia di sini. Di dekat pintu keluar Candi Gedong Songo, Anda akan disambut dengan warung-warung dan juga kios-kios yang menjajakan oleh-oleh, souvenir atau makanan khas Semarang. Komplit sekali, bukan?

Candi Gedong Songo: Tempat Wisata Budaya, Sejarah. dan Alam Recommended di Semarang
Wisata Budaya, Sejarah. dan Alam Recommended di Semarang

Harga Tiket Masuk Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo termasuk objek wisata primadona di kota Semarang. Selain alasan two in one (wisata sejarah dan alam), tiket yang harus ditebus pun relatif murah meriah. Hanya Rp 7.500 per orang, Anda sudah bisa menjelajah riang ke kompleks candi berikut menikmati udara dan pemandangan alam pegunungan yang aduhai sejuk. Jangan ragu untuk membawa serta anak-anak ke sini, karena berwisata ke sini merupakan salah satu cara untuk mengenal sejarah Bangsa Indonesia tercinta. Anak-anak di bawah 5 tahun pun belum dikenakan tarif alias gratis. Menarik sekali, bukan?

Rute Lokasi Candi Gedong Songo

Untuk bisa sampai ke Candi Gedong Songo, Anda perlu melewati Jalan Solo atau Jalan Jogya. Setelah sampai pada SPBU Lemah Abang, ambil jalur kanan pada pertigaan tersebut. Caranya memutar balik dan belok kiri menuju arah ke Bandungan. Beberapa menit dari jalur Bandungan, ambil jalur kanan pada pertigaan. Dari pertigaan, kemudian ambil jalur kiri, lurus sampai SPBU Palbapang Sumowono. Dari pertigaan SBPU tersebut, ambil jalur kanan, kemudian lurus hingga Anda akan sampai ke tempat wisata sejarah dan alam paling terkenal di Semarang ini.

Jika rute ini dirasa rumit, Anda punya satu alternative lagi, yaitu melalui Ambarawa. Dari Terminal Ambarawa, lurus sampai Jalan Semarang. Dari jalan ke arah Semarang tersebut, kira-kira 5 menitan, Anda akan menjumpai pertigaan besar. Ambil ke kiri untuk menuju ke Candi Gedong Songo. Jika Anda ambil ke kanan, maka akan sampai ke Semarang kota.

Dari deskripsi dan penjelasan di atas, maka tidak berlebihan jika Candi Gedong Songo termasuk salah satu tempat wisata paling favorit di Semarang. Harga tiketnya yang murah, fasilitas yang mencukupi, suasana dan pemandangan yang menawan, siapa pun tidak akan menolak jika diajak ke sini. Bagaimana dengan Anda?