Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Lawang Sewu: Wisata Sejarah Paling Menarik di Semarang

Special Wisata Kota Semarang. Sebagai ibu kota Provinsi Jawa Tengah, wajar sekali jika Semarang memiliki sejarah yang patut untuk dikenang. Mengenang sejarah perjuangan dan perjalanan bangsa memang sudah menjadi kewajiban para generasi bangsa. Sebagai salah satu bentuk pengabdian dan pengisian di era merdeka ini, sudah sepantasnya Anda mengunjungi Lawang Sewu. Lawang Sewu merupakan wisata sejarah paling fenomenal di Kota Semarang. 

Daya Tarik dan Keistimewaan Lawang Sewu

Tidak hanya menjadi wisata sejarah paling recommended di Kota Semarang, objek wisata yang berada tidak jauh dari letak Tugu Muda, Semarang ini juga menyimpan misteri yang sukses membuat siapa pun penasaran. Khususnya bagi Anda yang suka dengan hal yang berbau mistis, wajib memasukkan Lawang Sewu ke dalam daftar wisata Anda.

Dahulunya, Lawang Sewu merupakan bekas pusat kereta api Indonesia. bahkan tempat ini menjadi salah satu tempat bersejarah bagi kereta api Indonesia. Namun kemudian sejarah mencatat bahwa tempat tersebut menjadi tempat untuk menahan sekaligus menyiksa hingga membunuh para tahanan pada zaman penjajahan Jepang. Oleh sebab itu, maka tidak heran jika kemudian tempat ini sering dikaitkan dengan hal-hal misteri, bahkan mistis. 

Meskipun telah berusia sangat tua dengan unsur misteri dan mistiknya, faktanya tidak ada yang mengelak bahwa bangunan Lawang Sewu sangat terawat. Bahkan bangunan tersebut terlihat begitu unik dengan ciri khas arsitektur kolonial Belandanya. Diantara bangunan-bangunan yang berada di sekitarnya, Lawang Sewu lah yang paling menonjol. Tidak heran, jika banyak wisatawan yang berbondong-bondong ke sini. 

Selain karena penasaran dengan zaman sejarah dahulu, khususnya tentang perkembangan kereta api di Indonesia, di tempat wisata paling popular di Semarang ini juga tidak sedikit yang datang karena ingin berswafoto. Di mana lagi tempat unik dengan arsitektur zaman Belanda yang masih kokoh dan terawatt di Semarang, selain di Lawang Sewu?

Lawang Sewu: Wisata Sejarah dan Misteri Paling Menarik di Semarang
Lawang Sewu: Wisata Sejarah di Semarang


Hargs Tiket Masuk Lawang Sewu

Lawang Sewu buka setiap hari dari jam 06.00 sampai jam 18.00 WIB. Sementara untuk tiket yang harus ditembus, yaitu Rp 10.000. Jika Anda ingin masuk ke ruang bawah tanah yang dahulunya menjadi tempat penjara bawah tanah saat penjajahan Jepang, Anda harus merogoh kocek Rp 30.000.

Lokasi Wisata Lawang Sewu

Lawang Sewu termasuk wisata yang dekat dengan pusat kota Semarang, tepatnya di komplek Tugu Muda, Jalan Pemuda, Sekayu, Semarang. Spot wisata sejarah ini masih berada di kawasan bundaran Tugu Muda yang letaknya pun tidak jauh dari Kantor Balaikota Semarang. Ada beberapa rute yang bisa Anda ambil manakala hendak berkunjung ke Lawang Sewu, yaitu;
  1. Dari Bandara Ahmad Yani, naik Bus Rapid Transit (BRT) koridor IV arah Stasiun Tawang dan turun di halte Pasar Bulu. Dari Pasar Bulu, lanjutkan dengan naik angkot jurusan Karang Kayu (warna orange) dan turun di depan Lawang Sewu.
  2. Dari Stasiun Poncol dan Stasiun Tawang. Baik dari Stasiun Poncol maupun Stasiun Tawang, setelah turun dari kereta, pergilah ke BRT koridor IV ke arah Cangkiran. Naik BRT tersebut, kemudian turun di Balaikota. Jarak Balaikota dengan Lawang Sewu sekitar 100 meter ke arah selatan. 

Tidak ada alasan untuk tidak mengunjungi Lawang Sewu. Selain sebagai bentuk dari cara mengenal sejarah Bangsa Indonesia dan mengisi kemerdekaan, mengunjungi salah satu objek wisata paling fenomenal di Semarang ini, Anda juga berswafoto ciamik dan unik.